Thursday, September 17, 2009

SUSU KAMBING ATAU SUSU LEMBU?

Pernah mencuba susu kambing? Ternyata susu kambing baik untuk berbagai keadaan terutama dalam mencegah penyakit. Malah dianjurkan untuk yang menginapn penyakit belakang, TBC, asma, anemia, hepatitis, dan kejang otot.

Susu kambing juga dicadangkan oleh banyak ahli sebagai pengganti susu bagi bayi, anak, maupun orang dewasa yang alahan terhadap susu lembu ataupun jenis makanantertentu.Kita telah lama difahamkan untuk meminum susu untuk kebaikan kesihatan namun tidakkah anda terfikir susu apakah yang terbaik termasuk yang digemari oleh para Rasul dan Nabi.
Susu kambing telah banyak digunakan sebagai pengganti susu lembu ataupun bahan pembuatan makanan bagi bayi-bayi yang alergi terhadap susu sapi. Begitu banyaknya manfaat dari susu kambing, sehingga dianjurkan untuk dihebahkan secara teratur.Beberapa khasiat susu kambing iaitu sesuai bagi kesihatan dan dapat meneutral asam tulang belakang, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh, mengatasi masalah impotensi dan mengoptimalkan pertumbuhan pada anak.

Kenapa susu kambing?Jawabannya adalah karena sudah lama susu kambing dikenal dan dimasyhurkan oleh peradaban manusia. Dalam sejarah islam, Nabi Muhammad SAW dalam banyak riwayat diceritakan gemar meminum susu kambing untuk menjaga stamina tubuhnya, karena beliau mengetahui kelebihan dari susu kambing ini. Demikian pula beberapa tokoh dunia seperti Ratu Cleopatra dan Mahatma Gandhi diketahui gemar minum susu kambing untuk menjaga kehalusan kulit mereka.

Susu lembu memiliki banyak lemak dengan rantai asam lemak pendek. Dengan kandungan eter gliserol pada susu kambing jauh lebih banyak dibandingkan susu lembu, kandungan unsur itu sangat bermanfaat bagi bayi dibandingkan susu formula dari susu lembu. Susu kambing juga mengandung lebih sedikit asam orotic yang akan berpengaruh baik pencegahan sindrom pelemakan hati. Baik susu sapi dan susu susu kambing memiliki tingkat keasaman dengan pH antara 6,4 – 6,7.Susu kambing memiliki daya cerna yang tinggi, dan tingkat keasaman yang khas.

Susu kaldai sering dijadikan alternatif pengganti susu lembu untuk bayi. Namun demikian, pada kenyataannya masih terdapat sekitar 20%-50% dari bayi-bayi yang diteliti memperlihatkan gejala tidak serasi terhadap susu kaldai. Oleh sebab itu susu kambing lebih dicadangkan untuk pengganti susu lembu padabayi.Alergi terhadap protein susu biasanya timbul pada bayi yang berumur dua sampai empat minggu, dan gejalanya akan semakin jelas pada saat bayi berumur enam bulan. Bahagian tubuh yang diserang alergi umumnya adalah saluran pencernaan, saluran pernafasan, dan kulit. Gejala-gejala yang nampak akibat alergi terhadap protein susu antara lain iaitu muntah, cirit, penyerapan nutrisi yang kurang sempurna, asma, bronchitis, migrin, dan hipersensitif. Alergi pada saluran pencernaan bayi dilaporkan beransur-ansur dapat disembuhkan setelah diberikan susu kambing.

Susu Kambing VS Susu Sapi.Kandungan protein susu kambing relatif sama, meskipun unsur (alfa-s-1) kasein pada susu lembu tidak ada pada susu kambing. Sementara Vitamin A susu kambing lebih banyak, juga vitamin B. kandungan Vitamin B6 dan B12 pada lembu lebih banyak. Susu kambing lebih banyak mengandung asam lemak berantai pendek jika dibandingkan dengan asam lemak dalam susu lembu . Hal ini menyebabkan susu kambing lebih mudah dicerna. Ukuran butiran lemak susu kambing lebih kecil jika dibandingkan dengan susu lembu atau susu lainnya. Butiran lemak susu kambing berukuran 2 mikrometer, sementara lemak susu sapi berukuran 2,5 – 3,5 mikrometer. Dengan ukuran lemak lebih kecil, susu kambing lebih cepat terdispersi dan campurannya lebih homogen (merata). Dan masih banyak lagi keunggulan dari susu kambing.

Namun begitu, kita juga perlu mengingat bahwasanya konsumsi makanan dan minuman secara berlebih justru tidak baik baik kesehatan kita, termasuk juga susu kambing…

Dipetik dari :http://idhamlim.blogspot.com/2009/08/susu-lembu-atau-susu-kambing.html

No comments:

Post a Comment